TEKNIK KOMPUTER

A. Identifikasi Teknik Komputer 
     Komputer pada masa sekarang sudah menjadi sebuah piranti yang paling banyak digunakan dalam berbagai industri dan dalam kegiatan sehari-hari.Selain digunakan dalam pekerjaan,kompoter juga sering digunakan sebagai media hiburan seperti misalnya streaming secara online atau bermain game.

1.    Dasar- Dasar Sistem Komputer
   Sistem komputer merupakan sekumpulan piranti-piranti komputer yang saling berhubungan satu sama lain dan berguna untuk melakukan proses pengolahan data komputer,sehingga dapat menghasilkan informasi yang sangat dibutuhkan penggunanya.Beberapa fungsi dari sistem komputer yaitu sebagai berikut.
 a.    Menginput Data
        Fungsi dari sistem komputer yang pertama adalah menginput data ke dalam komputer.Sistem komputer berfungsi untuk menginput bseluruh jenis data yang telah dimasukan user melalui piranti hadware seperti mouse, keyboard microphone,dan yang lainnya.
 
b.    Memproses Data
    Data yang telah diinput oleh user masih dalam bentuk mentah oleh karena itu, setelah diinput sistem akan melakukan sebuah proses dengan mentransfer data mentah tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer.Proses data ini dilakukan pada Central Processing Unit (CPU) yang juga berperan sebagai otak komputer.

c.     Menghasilkan Data
 Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan sebuah output yang merupakan hasil ndari data yang telah diproses.Hasil output tersebut dapat berupa informasi,gambar,suara ataupun video yang sejak awal berupa sebuah pengolahan data.
d.     Menyimpan Data
      Fungsi dari sistem komputer yang terakhir adalah menyimpan data.Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil olahan dari proses data memori komputer.Jadi,data yang tadinya telah diinput dan diproses sehingga menjadi sebuah output data,bisa simpan di dalam memori komputer untuk suatu saat dapat digunakan.
2. Fungsi Hardware
Berikut ini jenis-jenis hardware diantaranya yaitu: 
 a.     Piranti Input (input device)
    Sering diartikan sebagai piranti masukan yang berfungsi sebagai  alat untuk memasukkan data-data atau perintah pada komputer.Misalnya keyboard,mouse,web cam,dan scanner.



 b.    Piranti processing (processing device)
        Processing device merupakan sebuah piranti yang berguna dalam memproses data yang berasal dari input device yang selanjutnya menghasilkan sebuah data yang diinginkan melalui output device.CPU adalah otak komputer yang bertanggungjawab atas semua kegiatan komputer.

 c.      Piranti output (output device)
   Out put device berguna untuk menampilkan atau memberikan sebuah hasil akhir dari pengelolahan proses yang sebelumnya dimasukkan melalui input yang kemudian di proses di processing device.Out put memiliki fungsi yang berkebalikan 
dengan Input Unit.Data yang dihasilkan berupa informasi,suara,gambar,dan video.

d.   Piranti penyimpanan (Storage Device)
       Data atau instruksi yang telah diinput pada sistem komputer akan melalui unit input terlebih dahulu dan disimpan pada unit storage sebelum benar-benar diproses.Begitu pula dengan hasil data yang telah diproses ,maka data terlebih dahulu disimpan pada unit storage sebelum dipindahkan pada unit input.Pada komputer storage device umumnya dibagi menjadi dua bagian yaitu internal dan eksternal.


3.     Fungsi Operating System
      Operating System atau sistem operasi (OS) sebagai dasar teknologi informasi pada sebuah komputer dan gadget  misalnya Linux,Mac Os,DOS,Android,dan lain-lain.Sistem operasi bertanggung jawab mengatur atau mengontrol kerja piranti keras (hadware)dan menjalankan aplikasi atau software di dalam suatu sistem komputer.Di samping itu sistem operasi memiliki beberapa fungsi dengan penggolongan tiga bagian,yaitu sebagai mediator,wadah,dan penerjemah.
 


 

a.    Fungsi sistem operasi 
 Sebagai suatu piranti lunak dalam komputer,sistem operasi memiliki beberapa fungsi yang sangat penting,diantara fungsi-fungsi penting tersebut adalah sebagai berikut. 
     1) Menjalankan operasi dasar 
   Fungsi utama dari sistem operasi adalah menjalankan operasi dasar pada komputer.Sistem imi dikenal sebagai komponen vital yang mendasari kerja viranti lunak lainnya.Sebelum aplikasi berjalan dan dapat pada suatu komputer,sistem operasilah yang memungkinkan program atau aplikasi tersebut dapat berjalan dan ditampilkan kepada user atau yang menggunakan piranti komputer tersebut.
  2) Mengatur  kerja hadware dan software
 Bisa dikatakan bahwa sistem operasiadalah resource manager dalam piranti komputer.Maksudnya,sistem operasi berfungsi mengontrol fungsi piranti keras seperti memori,CPU,hard disk,dan piranti keras lainnya serta mengatur fungsi program software agar terhubung dengan piranti keras tersebut.
     3) Wadah program atau aplikasi
   Aplikasi-aplikasi yang ada di komputer memang tersimpan dalam piranti penyimpanan tetapi sebenarnya aplikasi atau program tersebut berada dalam wadah yang merupakan sistem operasi.Aplikasi tersebut melekat pada sistem operasi dan tidak bisa berfungsi tanpa adanya sistem operasi tersebut.Secara analogi, sistem operasi suatu lantai di mana  suatu  barang diletakkan agar baarang tersebut dapat digunakan,misalnya  sebuah meja yang diletakkan di atas lantai.Meja tidak dapat berfungsi jika tidak ada lntai yang mendasarinya.
     4) Menyajikan tampilan
       Berbagai jenis tampilan yang dilihat pada layar komputer atau gadget pada dasarnya hasil pengoperasian dari sistem operasi.Dengan kata lain,sistem operasi memudahkan aplikasi berjalan sekalogus menanpilkannya pada monitor layar komputer atau menerjemahkan bahasa pemograman yang berasal dari CPU kemudian menampilkannya dalam bentuk teks, grafis, dan tampilan lainnya yang mudah dimengerti.Sistem operasi juga berperan sebagai suatu interface atau tatap muka antara user dengan piranti keras yang digunakannya.

   5) Mengoordinasi kerja piranti komputer

 Sitem operasi juga berfungsi mengoordinasikan segala hal di dalam komputer terutama menyusun program yang sifatnya kompleks menjadi lebih sederhana dan berurutan.Sistem operasi memudahkan suatu aplikasi agar dapat bekerja dengan lebih efisien.
 6) Mengoptimalkan fungsi piranti komputer
Sistem operasi juga mengoptimalkan penggunaan piranti keras ataupun piranti lunak,misalnya dalam mengatur waķtu yang digunakan untuk koneksi dalam terminal.
b.Prinsip sistem operasi
Jika pada sistem komputer terbagi dalam lapisan-lqpisan tertentu, keberadaan sistem operasi adalah sebagai penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem operasi melakukan semua tugas ataupun perintah penting dalam komputer dan menjamin aplikasi yang berbeda fungsi agar berjalan bersamaan dengan lancar dan bebas hambatan.
c.Sistem operasi yang digunakan sekarang
Beberapa jenis sistem operasi yang sering digunakan oleh user diantaranya Windows,Macinthos ,Symbian ,dan Android OS.


B.Unit Pengolahan Logika dan Aritmatika
      Arithmatic and Logic Unit (ALU), adalah salah satu bagian/komponen dalam sistem  di dalam sistem komputer berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan logika (seperti penjumlahan, pengurangan dan beberapa logika lain), AlU bekerja besama-sama memori. Dimana hasil dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori.
     Perhitungan dalam ALU menggunakan kode biner, yang merepresentasikan instruksi yang akan dieksekusi (opcode) dan data yang diolah (operand). ALU biasanya menggunakan sistem bilangan binertwo's complement.  ALU mendapat data dari register. Kemudian data tersebut diproses dan hasilnya akan disimpan dalam register tersendiri yaitu ALU output register, sebelum disimpan dalam memori. 
      Pada saat sekarang ini sebuah chip/IC dapat mempunyai beberapa ALU sekaligus yang memungkinkan untuk melakukan kalkulasi secara paralel. Salah satu chip ALU yang sederhana (terdiri dari 1 buah ALU) adalah IC 74LS382/HC382ALU (TTL). IC ini terdiri dari 20 kaki dan beroperasi dengan 4x2 pin data input (pinA dan pinB) dengan 4 pin keluaran (pinF).
1.Tugas Arithmatic and Logic Unit (ALU)

      Tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Unit) adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika yang lainnya. Seperti pengurangan, pengurangan, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika ini disebut adder. ALU melakukan operasi arithmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi arithmatika yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi arithmatika ini disebut adder. Tugas lalin dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.

       Unit kendali (Control Unit ) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut. 


Tugas dari CU adalah sebagai berikut: 

*Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. 

*Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. 

*Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses. 

*Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi 

  kerja. 

*Menyimpan hasil proses ke memori utama. 


2.Cara Kerja  Arithmatic and Logic Unit (ALU)
 Secara mendasar,adder dikategorikan sebagai berikut.
  •   Rangkaian Adder dengan menjumlahkan dua bit disebut Half Adder.
  •   Rangkaian Adder dengan menjumlahkan tiga bit disebut Full Adder.
  •   Rangkain Adder dengan menjumlahkan banyak bit disebut Paralel Adder
  a.Half Adder
    Rangkaian Half Adder merupakan dasar penjumlahan bilangan Biner yang terdiri dari satu bit, oleh karena itu dinamai Penjumlah Tak Lengkap.
jika A = 0 dan B = 0 dijumlahkan, hasilnya S ( Sum ) = 0.
jika A = 0 dan B = 1 dijumlahkan, hasilnya S ( Sum ) = 1.
jika A = 1 dan B = 1 dijumlahkan, hasilnya S ( Sum ) = 0
jika A = 1 dan B =1 dijumlahkan, hasilnya S ( Sum ) = 0. dengan nilai pindahan cy(Carry Out) = 1

Dengan demikian, half adder memiliki 2 masukan ( A dan B ) dan dua keluaran (S dan Cy).


  b.Full Adder
     Pada saat sekarang ini sebuah chip/IC dapat mempunyai beberapa ALU sekaligus yang memungkinkan untuk melakukan kalkulasi secara paralel. Salah satu chip ALU yang sederhana (terdiri dari 1 buah ALU) adalah IC 74LS382/HC382ALU (TTL). IC ini terdiri dari 20 kaki dan beroperasi dengan 4×2 pin data input (pinA dan pinB) dengan 4 pin keluaran (pinF).
     Arithmatic Logical Unit (ALU), fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Rangkaian pada ALU (Arithmetic and Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan dinamakan deACE=”Verdana, sans-serif”>Sebuah Full Adder menjumlahkan dua bilangan yang telah dikonversikan menjadi bilangan-bilangan biner.


c.Paralel Adder
     Rangkaian Parallel Adder adalah rangkaian penjumlah dari dua bilangan yang telah dikonversikan ke dalam bentuk biner. Anggap ada dua buah register A dan B, masing-masing register terdiri dari 4 bit biner : A3A2A1A0 dan B3B2B1B0.
     Rangkaian Parallel Adder terdiri dari Sebuah Half Adder (HA) pada Least Significant Bit (LSB) dari masing-masing input dan beberapa Full Adder pada bit-bit berikutnya. Prinsip kerja dari Parallel Adder adalah sebagai berikut : penjumlahan dilakukan mulai dari LSB-nya. Jika hasil penjumlahan adalah bilangan desimal “2” atau lebih, maka bit kelebihannya disimpan pada Cout, sedangkan bit di bawahnya akan dikeluarkan pada Σ. Begitu seterusnya menuju ke Most Significant Bit (MSB)nya.
 
https://adilrailfans.blogspot.com/2015/01/pengertian-dan-cara-kerja-alu.html
https://nicodemuskurniawan.blogspot.com/2011/10/apa-itu-alu-arithmatic-and-logic-unit.htmlhttps://pourpre-violet.blogspot.com/2013/10/fungsi-alu-dan-cu.html

PENILAIAN BAB 2 
1.Sistem berasal dari bahasa Yunani,yaitu...
a.Sistemme b.Sustema c.Syuestema d.Syusteme

2.Berikut fungsi hardware dalam mendukung proses komputerisasi,kecuali...
a.Menerima input data
b.Mengolah data
c.Menyimpan data
d.Menerima hasil olah data

3. Berikut yang bukan termasuk input device adalah....
a.Keyboard b.Mouse c.Web cam d.Monitor  

4.Perhatikan gambar berikut!
Nama gambar diatas adalah...
a.Software b.Hardware c.Brainware d.Homeware

5.Setelah diinput sistem akan melakukan sebuah proses dengan mentransfer data mentah menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer.Proses data ini dilakukan pada bagian...
a.  CPU b.  RAM c.  BIOS d.   ALU
ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit ( unit aritmatika dan logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Uni

Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto
ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit ( unit aritmatika dan logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto
ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit ( unit aritmatika dan logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto
ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit ( unit aritmatika dan logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto
ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit ( unit aritmatika dan logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto
ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit ( unit aritmatika dan logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto
ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit ( unit aritmatika dan logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto
ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit ( unit aritmatika dan logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL-SOAL BAB 2

Cara Membuat Pancake Pisang

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN